SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus membuka peluang seluas-luasnya untuk mengembangkan peluang bisnis bagi produk-produk inovasi dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah dengan PT KioCha Mitra Abadi yang ditandai dengan Perjanjian di Gedung Rektorat ITS, Jumat (17/6).
Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD dalam sambutannya mengatakan, kesempatan kerja sama ini merupakan salah satu peluang yang sangat dinantikan ITS. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh selarasnya visi antara ITS dengan PT KioCha Mitra Abadi dalam mendukung usaha kecil dan menengah baik dari para sivitas akademika ITS maupun masyarakat luar.
Tidak menyiakan momentum, disinggung pula adanya rencana besar mengenai pengembangan pasar di bidang medis setelah diumumkannya program studi baru Teknologi Kedokteran di ITS. “Penandatanganan kerja sama ini diharapkan bisa melahirkan kolaborasi dalam membangun marketplace medis pertama di Indonesia, ” terangnya.
Presdir PT KioCha Mitra Abadi Henky Eko Sriyantono ST MT (tiga dari kiri) dan Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (empat dari kiri) menunjukkan naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani
Tak hanya itu, kerja sama ini juga menjadi titik terang bagi inovasi produk karya ITS yang membutuhkan showcase untuk mendukung karya-karya tersebut. “ITS juga akan memperoleh berbagai kesempatan untuk belajar lebih dalam menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan oleh pasar melalui kolaborasi ini, ” ungkapnya.
Menjawab harapan-harapan ITS yang telah disampaikan, Presiden Direktur PT KioCha Mitra Abadi Henky Eko Sriyantono ST MT mengutarakan, berkolaborasi dengan ITS telah menjadi keinginan perusahaan sejak lama. “Rencana marketplace di bidang kesehatan merupakan bentuk kerja sama yang sangat mungkin untuk diusahakan, ” tegasnya mendukung pernyataan Bambang.
sebelum pembuatan profil masing-masing instansi mengetahui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara ITS dan PT KioCha Mitra Abadi di Rektorat ITS
Merupakan perusahaan rintisan yang memiliki keunikan dalam memunculkan peluang dalam setiap transaksi jual beli yang dilakukan, menurut Henky, PT KioCha Mitra Abadi juga memiliki strategi yang akan sangat mendukung mahasiswa ITS . Yakni dengan menargetkan komunitas-komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satunya komunitas mahasiswa pebisnis.
Tak ketinggalan, Henky juga menyampaikan harapan PT KioCha Mitra Abadi dalam hal riset dan pengembangan bersama ITS. Yaitu dalam sinergi peningkatan dan pengembangan aplikasi KioCha. “Bersama ITS, akan bersinar pasar lokal yang membanggakan, ” ujarnya optimistis. (HUMAS ITS)
Reporter: Faadhillah Syhab Azzahra